Rabu, 16 Maret 2011

Resume Penentuan Harga, Permintaan dan Penawaran (Kelompok 1)

Harga adalah suatu nilai tukar dari produk, barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. 
Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa
Dalam menentukan harga, produsen sebagai pemegang hak penuh dalam menentukan harga haruslah jeli dalam menentukan harga barang hasil produksinya, jika produsen terlalu tinggi menetapkan harga jual barang produksinya di pasar maka produsen itu akan kehilangan konsumen-konsumennya, tetapi jika produsen terlalu rendah menetapkan harga jual produknya maka produsen itu akan mendapatkan kerugian.

Untuk lebih jelasnya disini


Dalam menentukan Harga Produsen dapat menggunakan strategi sebagai berikut :
1. Skimming pricing
2. Penetraling pricing
3. Odd pricing
4. Follow the leader pricing
5. Price Lining
6. Relative Pricing
7. Psychological pricing
8. Multiple unit pricing
9. Leader Pricing
10. Price discount


Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.

Hukum Permintaan
Hukum permintaan adalah makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta.

Ada beberapa faktor yang Mempengaruhi Permintaan diantaranya :
1.   Harga barang itu sendiri
2.   Harga barang-barang lain yang bersifat substitutif terhadap barang tersebut
3.   Pendapatan rumah-tangga atau pendapatan masyarakat
4.   Selera dan prilaku seseorang atau masyarakat
5.   Jumlah penduduk.

Pengertian Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.

Hukum Penawaran
Hukum penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan.


Ada beberapa faktor yang Mempengaruhi Penawaran diantaranya :
1.   Harga barang itu sendiri

2.   Harga barang-barang lain (barang-barang substitusi)

3.   Biaya produksi

4.   Tujuan-tujuan perusahaan

5.   Tingkat teknologi yang digunakan












0 komentar:

Posting Komentar