Rabu, 24 Oktober 2012

Review Compiere

ERP (Enterprise Resources Planning) adalah sebuah sistem informasi perusahaan yang  dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis. Sistem ERP didasarkan pada database dan rancangan perangkat lunak modular. ERP merupakan software yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu sistem komputer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan.
Nah di bawah in imerupakan beberapa software open source ERP :
  •  Compiere
  • Adempiere
  • Open ERP
Tapi yang kita akan bahas adalah COMPIERE.
Compiere adalah suatu software ERP yang tentunya bersifat  open source yang teraplikasi dengan CRM ( Customer Relationship Management). Software ini memberikan solusi bisnis untuk perusahaan kecil – menengah dalam pelayanan yang mencangkup semua, mulai dari parter bisnis, pelanggan, vendor dll. Tentunya software ini sangat membantu perusahaan dalam mengatur kegiatan mereka dalam masalah sistem perusahaan dengan dukungan sebuah software yang tidak mahal bahkan gratis.
Software ini adalah software multi flatform jadi bisa dijalankan di berbagai sistem operasi seperti windows dan linux. Software ini menggunakan bahasa pemrograman java dan menggunakan database oracle.
Nah sebelum lanjut mau menampilkan tampilan login dan tampilan awal compiere, Jika compiere ini sudah terinstall, maka ini adalah tampilan awal log in nya

Sedikit membahas tentang menu
Dalam compiere client dan business partner merupakan hal yang penting, karena client merupakan suatu entitas untuk mengirim data, jadi si client ini tugasnya mengirimkan data ke organisasi. Business partner itu penting karena dalam business partner terdapat informasi dengan siapa kita melakukan transaksi atau relasi bisnisnya. Jadi di sini kita bisa memasukan data atau melihat siapa karyawan, pelanggan, vendor, lokasi sampai cara pembayaran suatu transaksi.
Pada compiere terdapat menu-menu yang dapat dipergunakan sesuai kebutuhan pengguna seperti Order Management, Procurement, Material Management, Project Management, Return, Costing, Invoice Management, dll. Menu- menu ini saling terhubung satu sama lainnya, jadi data yang tersimpan akan membentuk relasi dari masing-masing menu. Karena itulah compiere dibuat dengan sistem tidak ada data yang sama yang bisa terduplikasi, untuk melihat apa saja menu-menu yang ada di compiere  bisa dilihat pada gambar di bawah ini
Untuk mempermudah pencarian menu yang ingin digunakan, bisa langsung ketikkan menu apa yang mau dipakai pada Lookup, tapi ingat Lookup ini case sensitif jadi huruf kapital sangat berpengaruh. Jika kita sering menggunakan menu dan tidak mau susah-susah mengetik di Lookup atau klik sub dari menu bisa langsung aja klik kanan pada menu yang sering digunakan lalu add menu, menu tersebut akan tampil pada bagian kiri menu.

Di dalam business partner terdapat 9 tab yang terdiri dari :

  • Business Partner
pada tab ini menjelaskan tentang enity dengan siapa transaksi dilakukan, jadi kita bisa memasukan data di sini.
  • Customer
pada tab ini akan ditampilkan data transaksi pelanggan, kita juga bisa mengisi data tambahan pelanggan , jika mencentang check box customer
  • Vendor
Pada tab ini menampilkan siapa vendor dari perusahaan yang terkait. Sama dengan customer jika check boxnya di centang maka kita bisa mengisi data tambahannya
  • Employee
Pada tab ini menampilkan siapa pegawai dalam perusahaan ini Sama dengan customer dan vendor jika check boxnya di centang maka kita bisa mengisi data tambahannya
  • Bank Account
Pada tab ini menampilkan informasi perbankan untuk rekanbisnis. Data ini digunakan untuk pemrosesan pembayaran dan pengiriman uang
  • Location
Pada tab ini menampilkan data alamat rekan bisnis, bisa menyimpan data alamat lebih dari satu
  • Contact (user)
Pada tab ini menjelaskan data pribadi para pelanggan. username pelanggan dibuat unik sehingga tidak ada data pelanggan yang terduplikasi. Singkatnya ini  unique user, dan data ini bisa berupa pengguna internal maupun rekan bisnis
  • BP Access
Pada tab ini merupakan akses dari pengguna / kontak untuk informasi Mitra Usaha dan sumber daya jika pada tingkat Pengguna, “Kendali BP Access” TIDAK dipilih, maka kita perlu memberikan akses secara eksplisit di sini.
  • Interest Area
Tab ini digunakan untuk kampanye marketing

Nah pada compiere ini terdapat tools yang selalu dipakai diberbagai macam menu termasuk business partner, terdiri dari 21 icon yang memiliki fungsi yang berbeda, tools compiere bisa dilihat pada gambar di bawah ini :



0 komentar:

Posting Komentar